Monday 1 April 2019

STOP KOREK TELINGA, DAPAT BERAKIBAT TULI

   Kotoran telinga merupakan cairan lengket yang berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi 'senjata' tubuh dalam mencegah infeksi, melembapkan saluran telinga hingga melindungi gendang telinga. Struktur yang lengket ini membuat benda-benda asing seperti polutan, serangga, kotoran yang masuk ke dalam telingga terperangkap dan tidak mengganggu fungsi telinga.
Sebenarnya kotoran telinga akan dibersihkan secara alamiah oleh tubuh, ketika mengunyah.



   Kebiasaan mengorek telinga merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, akan tetapi sebenarnya hal ini TIDAK BOLEH DILAKUKAN. Kesalahan yang anda buat saat ini dapat mempengaruhi telinga anda atau pun orang terkasih anda rusak yang dapat berakhir dengan tuli. 
Kebiasaan mengorek telinga dapat menimbulkan beberapa gangguan telinga seperti :
   - Nyeri telinga yang tak kunjung sembuh

 - Telinga berdenging 

  - Otitis eksterna
     Otitis eksterna adalah radang telinga akut maupun kronis yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Membersihkan telinga secara berlebihan dapat mengakibatkan trauma ringan yang dapat memicu bakteri dan jamur berkembang biak dengan baik. Keluhan yang dapat dirasakan yaitu nyeri hebat, nyeri ketika telinga di tekan, nyeri ketika membuka mulut, gatal di liang telinga, keluar sekret dari telinga yang berbau. Komplikasi yang dapat terjadi adalah infeksi menyebar ke telinga tengah dan menyebabkan gangguan pendengaran.

   - Otitis Media  
     Otitis media adalah peradangan pada telinga tengah yang disebabkan oleh bakteri-bakteri      piogenik. Otitis media dapat juga disebabkan oleh otitis eksterna yang tidak dirawat dengan benar. Gejala otitis media dapat berupa telinga terasa penuh atau nyeri, pendengaran dapat berkurang, pada anak suhu tubuh >39,5C , rewel dan gelisah, nafsu makan hilang, keluar sekret dari telinga berwarna bening, kuning sampai keluar darah. Jika otitis media tidak diobati sampai sembuh, maka dapat terjadi otitis media kronis atau gangguan lain seperti lemah separuh wajah, abses otak, mastoiditis hingga gangguan pendengaran menetap yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

   - Jika terlalu dalam ketika mengorek telinga, anda bisa merusak membran timpani. 

Hal-hal diatas dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang berlangsung segera maupun lambat,yang sementara bahkan bisa menetap.

Perawatan telinga yang benar adalah :
- Jangan mengorek telinga menggunakan cotton bud,penjepit rambut, klip, lidi yang dilapisi kapas Cara ini akan membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam sehingga mengganggu pendengaran
- Jangan membersihkan telinga menggunakan ear candle 
  Sampai saat ini tidak bukti yang membenarkan bahwa penggunaan ear candle dapat mengeluarkan kotoran telinga. Para peneliti justru menemukan bahwa terdapat serpihan abu yang mengendap akibat dari pembakaran lilin.
- Jika kotoran telinga sangat menggangu dan membuat pendengaran berkurang, kunjungi dokter atau dokter THT terdekat.

Salam sehat!

No comments:

Post a Comment