Wednesday 31 July 2019

Jalur kerja Dopamine

Dopamine adalah neurotransmitter monoamine. Dopamine diproduksi oleh neuron dopaminergik di daerah tegmental ventral dari substantia nigra, midbrain dan nukleus arcuatus dari hipotalamus. Di perifer dopamine ditemukan di ginjal yang berfungsi untuk mengakibatkan vasodilatasi ginjal, diuresis dan natriuresis. Neuron dopamin terdistribusi lebih luas dibanding neurotransmitter monoamine lainnya dan dapat ditemukan di hipotalamus, bulbus olfaktorius, substantia nigra midbrain dan area tegmental ventral dan retina.


Terdapat 5 subtipe dopamine reseptor yaitu D1,D2,D3,D4D5.
Sintesis dopamine


Dopamin disintesis dari asam amino tirosin, yang dibawa ke otak melalui mekanisme transportasi aktif. Tirosin diproduksi di hati dari fenilalanin melalui aksi fenilalanin hidroksilase. Tirosin kemudian diangkut ke neuron dopaminergik (neuron yang mengandung dopamin) di mana serangkaian reaksi mengubahnya menjadi dopamin. Dalam neuron katekolaminergik, tirosin hidroksilase mengkatalisasi penambahan gugus hidroksil ke posisi meta tirosin, menghasilkan L-dopa.

Sistem dan Fungsi Dopamin
Ada empat jalur utama untuk sistem dopaminergik di otak:



Jalur Nigro-Stiatal, Di mana serat berasal dari substantia nigra (pars compacta) dan diproyeksikan dan didistribusikan secara luas dan melingkar di ganglia basal (nuksleus caudatus dan putamen). Di jalur dopamin ini memainkan peran penting dalam pergerakan (kontrol fungsi motorik dan dalam mempelajari keterampilan motorik baru). Degenerasi sistem nigrostriatal menyebabkan penyakit Parkinson. Badan sel dopamine di divisi pars compacta wilayah ini mengirim proyeksi naik ke dorsal striatum (terutama untuk nukleus caudatus dan putamen) dan dengan demikian memodulasi kontrol motorik. Efek ekstrapiramidal dari obat antipsikotik diduga dihasilkan dari blokade reseptor dopamin di jalur striatal ini.
 Jalur Mesolimbik, yang mana tempat proyeksi dopaminergik berasal dari daerah tegmental ventral, dan kemudian menyebar ke amigdala, korteks piriform, nukleus septum lateral dan nukleus accumbens. Dalam jalur ini dopamin berfungsi dalam emosi dan sistem penghargaan. Dopamin mesolimbik memediasi kesenangan di otak. Dopamin dilepaskan selama situasi yang menyenangkan dan merangsang seseorang untuk mencari aktivitas atau pekerjaan yang menyenangkan. Makanan, seks, dan beberapa obat pelecehan juga merupakan stimulan pelepasan dopamin di otak, khususnya di bidang-bidang seperti nucleus accumbens dan korteks prefrontal. Selain itu dopamin memainkan peran utama dalam kecanduan di jalur ini. Semua penyalahgunaan obat yang diketahui mengaktifkan mesolimbik jalur, dan perubahan plastik di jalur ini dianggap mendasari kecanduan narkoba. Obat antipsikotik yang mengurangi gejala positif skizofrenia dengan memblokir reseptor dopamin di jalur mesolimbik.
Jalur Mesokortikal, yang mana serat dopaminergik juga muncul dari wilayah A10 (daerah tegmental ventral) dan diproyeksikan ke korteks frontal dan daerah septohippocampal. Dopmine mesokortikal memediasi perilaku kognitif dan emosional. Tingkat dopamin dalam otak, terutama korteks prefrontal, membantu meningkatkan kerja memori dan perhatian. Antipsikotik obat memperburuk gejala negatif skizofrenia dengan memblokir reseptor dopamin di jalur mesokortikal.

Jalur Tuberoinfundibular yang berasal dari nucleus arcuata hipotalamus (arkuata dan nuclei paraventrikular) dan diproyeksikan ke kelenjar hipofisis (median eminence). Dopamin dalam jalur ini menghambat pelepasan prolaktin. Obat antipsikotik yang menghalangi Reseptor dopamin dalam hipofisis dapat menghambat pelepasan prolaktin dan menyebabkan galaktorea. Dopamin adalah neuroendokrin utama dalam inhibitor sekresi prolaktin dari hipofisis anterior kelenjar. Dopamin diproduksi oleh neuron di nukleus arkuata hipotalamus dilepaskan dalam pembuluh darah hipotalamo-hipofisial dari median eminence, yang memasok kelenjar hipofisis. Ini bekerja pada sel-sel lactotrope yang menghasilkan prolaktin. Sel-sel ini bisa menghasilkan prolaktin tanpa adanya dopamin. Kadang-kadang dopamin disebut faktor penghambat prolaktin (PIF), hormon penghambat prolaktin (PIH), atau prolactostatin.

Sumber:

Ayano Getinet.2016.Dopamine:Receptors, functions, synthesis, pathways, locations and  mental disorder: review of literatures

Dopamine pathways, dopamine jalur kerja, dopamine sintesis


No comments:

Post a Comment